Rawon Ayam Ala Chang

By | January 2, 2018

Pengen makan rawon tapi males ke pasar beli daging dan dikulkas adanya ayam jadi masak rawon ayam deh, rasanya gak kalah nikmat kok sama rawon daging dan ini resep warisan mama aku yang menurutku yummy so selamat menikmati buat yang recook. 

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam pot kecil-kecil
  2. 10 siung bawang merah kupas
  3. 5 siung bawang putih kupas
  4. 3 cm kunyit kupas bersih kulitnya
  5. 4 cm jahe kupas
  6. 8 cm laos kupas
  7. 1 cm kencur kupas
  8. 1 buah serai uk besar ambil bag putihnya saja
  9. 6 lembar daun jeruk
  10. 3 lembar daun salam
  11. 2 sdm ketumbar bubuk
  12. 4 bh keluwak suap pakai (ada yang jual dipasar) rendam air panas
  13. 1 buah bawang prei uk besar iris tipis
  14. 1/2 buah bawang bombay boleh skip
  15. secukupnya Garam
  16. secukupnya Gula
  17. secukupnya Penyedap
  18. 5 cm kayu manis
  19. Secukupnya minyak makan untuk menumis bumbu
  20. Bahan pelengkap :
  21. Sesuai selera Kecambah kecil

Langkah

  1. Rendam Kluwek dengan air panas agar mudah dihaluskan jika tekstur sudah agak lemah haluskan. (Kali ini saya pake blender)  
  2. Haluskan dulu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, laos dan kencur. (Me: blender again)  
  3. Panaskan minyak goreng tumis dulu daun bawang/ bawang prei hingga layu dan harum.  
  4. Setelah harum daun bawangnya masukkan bumbu halus aduk hingga wangi lagi.  
  5. Setelah wangi masukkan kluwek yang sudah halus aduk.  
  6. Masukkan daun jeruk dan daun salam aduk lagi hingga tercampur bumbu.  
  7. Tambahkan bubuk ketumbar aduk rata lagi hingga bumbu agak mengering.  
  8. Setelah bumbu agak kering masukkan potongan ayamnya dan aduk rata, ayam mengandung air ya jadi aduk aja lagi hingga kadar airnya susut dan bumbu tercampur rata dengan potongan ayam. Ini wanginya udah enak banget.  
  9. Ditempat lain panaskan air hingga mendidih lalu masukkan campuran ayam dan bumbu yang sudah kering tadi tambahkan penyedap biarkan hingga mendidih kembali.  
  10. Tambahkan garam, gula dan penyedap lalu koreksi rasa dan masukkan bawang bombay. (Bawang bombay hanya karena ada stok saja aslinya tidak pakai).  
  11. Masukkan juga kayu manis dan didihkan kembali.  
  12. Koreksi rasa jika sudah pas rawon ayam siap disantap dengan taburan kecambah mentah. Mantap bunda… nambah terus makannya lupakan diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *