Cumi kentang balado

By | April 8, 2018

Lagi pengen makan seafood, tapi kantong menipis..?? Masak sendiri ajaa..!! Beli cuminya dikit dan banyakin bahan kedua, kentaaang. HAHA. 

Bahan-bahan

2 porsi

  1. 200 gr cumi (kalo ada rejeki lebih boleh ditambahin hehe)
  2. 2 buah kentang besar
  3. 1 buah tomat
  4. Daun salam/jeruk (kalo ada, ga ad pun gapapa sih keknya)
  5. Jeruk kunci/nipis (wajib)
  6. 5 siung bamer
  7. 2 siung baput
  8. Cabe2an (sesuai tingkat kepedasan masing2)
  9. Garam
  10. Gula merah
  11. Gula pasir
  12. Merica
  13. 1 iris Lengkuas
  14. 1 iris Jahe
  15. 1 buah kemiri
  16. Tepung maizena/tepung ayam goreng juga cuss aja
  17. Air
  18. Minyak goreng

Langkah

  1. Bersihkan cumi, buang tintanya. Potong2 sesuai selera. Atau iris2 dikit klo cuminya kecil.  
  2. Baluri cumi dengan perasan jeruk nipis/kunci dan garam, biar ga amis.  
  3. Kupas kentang dan potong dadu, rendam dengan air garam  
  4. Goreng kentang dengan minyak, (yaiyalah)  
  5. Ulek semua bumbu (bamer, baput, kemiri, jahe, lengkuas, cabe)  
  6. Tumis bumbu. Masukin juga daun salam/daun jeruk, dan tomat yg udah di potong2  
  7. Giliran cuminya yg masuk. Setelah beberapa saat.. baru deh masukin kentangnya.  
  8. Masukin tepung+air untuk mengentalkan kuah. Aku sih gitu. tapi gapapa juga klo mau di skip langkah ini. Sebahagianya aja 🙂  
  9. Koreksi rasa dengan garam, gula, merica  
  10. Saatnya makan. Yummmyyyy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *